Senin, 22 Agustus 2016

Fungsi Icon-Icon Pada Microsoft excel

Fungsi Icon-Icon Pada Microsoft excel


Berikut adalah penjelasan Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel 2007

•    Menu Bar 
Berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data - Review – View.

1.    Home


  • Clipboard
  • Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard 
  • Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard 
  • Copy : Menyalin ke clipboard 
  • Format Painter : Melakukan copy format
  • Font
  • Font Selection : Mengganti jenis huruf
  • Font Size : Mengatur ukuran huruf
  • Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
  • Bold, Italic, Underline 
    • Bold : Menebalkan teks
    • Italic : Memiringkan teks
    • Underline : Menggaris bawahi teks
  • Border : Membuat garis bingkai sel
  • Fill : Mewarnai sel
  • Color : Mewarnai huruf
  • Alignment
  • Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah
  • Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan
  • Indent : Menambah dan mengurangi inden teks
  • Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks
  • Merge Cell : Menggabungkan sel
  • Page Break : Mengatur pemisah halaman
  • Number
  • Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka
  • Currency : Format angka untuk mata uang
  • Persen : Format angka persen
  • Comma : Mengubah nilai koma ribuan
  • Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi nilai desimal
  • Style
  • Conditional Formatting : Melakukan format terkondisi
  • Format as Table : Membuat format tabel cepat
  • Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
  • Cells
  • Insert : Memasukkan sel baru
  • Delete : Menghapus sel
  • Format : Melakukan format sel
  • Editing
  • Sum : Melakukan penghitungan
  • Fill : Membuat pola angka secara kontinu
  • Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format
  • Sort & Filter : Mengatur data agar mudah dianalisis
  • Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja

2.     Insert


  • Tables
  • Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
  • Table : Memasukkan tabe
  • Ilustrations
  • Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
  • Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
  • Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
  • Smart Art : Memasukkan objek smartart
  • Chart
  • Coloumn : Memasukkan grafik kolom 
  • Line : Memasukkan grafik garis
  • Pie : Memasukkan grafik pie
  • Bar : Memasukkan grafik batang
  • Scatter : Memasukkan grafik distribus
  • Other Chart : Memasukkan grafik lainnya
  • Link
  • Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet
  • Text
  • Textbox : Memasukkan kotak teks
  • Header & Footer : Memasukkan header dan footer
  • WordArt : Memasukkan teks dekoratif
  • Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
  • Object : Memasukkan objek
  • Symbol : Memasukkan simbol

3.    Page Layout


  • Themes
  • Theme : Mengubah tema tampilan excel
  • Color : Mengubah warna tema
  • Font : Mengubah jenis font tema
  • Effect : Mengubah efek tema
  • Page Setup
  • Margin : Mengubah margin halaman
  • Orientation : Mengubah orientasi halaman
  • Size : Mengubah ukuran kertas
  • Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses cetak
  • Breaks : Menentukan pemisah halaman
  • Background : Menentukan gambar untuk latar
  • Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman 
  • Scale to Fit
  • Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
  • Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
  • Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran
  • Sheet Option
  • Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
  • Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan 
  • Arrange
  • Bring to Front : Objek ke depan
  • Send to Back : Objek ke belakang
  • Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
  • Align : Meluruskan objek
  • Group : Mengelompokkan objek
  • Rotate : Melakukan rotasi objek

4.    Formulas


  • Function Library
  • Insert Function : Memasukkan fungsi formula
  • Autosum : Melakukan penghitungan cepat
  • Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
  • Financial : Memasukkan fungsi keuangan
  • Logical : Memasukkan fungsi logik
  • Text : Memasukkan fungsi teks
  • Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
  • Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan referensi
  • More Function : Memasukkan fungsi lainnya
  • Defined Name
  • Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook
  • Define Name : Memberikan nama bagi sel
  • Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula
  • Create From Selection : Membuat nama sel secara otomatis
  • Formula Auditing
  • Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
  • Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
  • Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
  • Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
  • Error Checking : Memeriksa formula yang salah
  • Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
  • Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja
  • Calculation
  • Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
  • Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
  • Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang

5.    Data


  • Get External Data
  • From Access : Memasukkan data dari MS Access
  • From Web : Memasukkan data dari web
  • From Text : Memasukkan data dari teks
  • From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
  • Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan
  • Connections
  • Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
  • Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
  • Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
  • Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain
  • Sort & Filter
  • Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
  • Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
  • Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
  •  Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
  • Clear : Menghapus penyaringan pada sel
  • Reapply : Melakukan kembali penyaringan
  • Advanced : Melakukan penyaringan spesifik
  • Data Tools
  • Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
  • Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
  • Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
  • Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
  • What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula
  • Outline
  • Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang
  • Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
  • Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

6.    Review


  • Proofing
  • Spelling : Memeriksa ejaan teks
  • Research : Membuka panel penelitian referensi
  • Thesaurus : Saran kata yang sepadan
  • Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
  • Comments
  • Comment : Memasukkan komentar baru
  • Delete : Menghapus komentar
  • Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
  • Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
  • Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
  • Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
  • Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
•    Changes
  • Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
  • Protect Workbook : Melindungi buku kerja
  • Share Workbook : Berbagi buku kerja
  • Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi buku kerja
  • Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna mengubah data
  • Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

7.    View


  • Workbook Views
  • Normal : Melihat dokumen secara normal
  • Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
  • Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
  • Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
  • Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh
  • Show/Hide
  • Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading : Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading
  • Zoom
  • Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
  • Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
  • Window
  • New Window : Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen Tersebut
  • Arrange All : Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
  • Freeze Pane : Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
  • Split : Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkanlembar kerja Anda
  • Hide : Menyembunyikan jendela terseleksi
  • Unhide : Memunculkan jendela tersembunyi
  • View Side by Side : Memperlihatkan jendela berdampingan
  • Synchronous Scrolling : Membuat dua jendela menggulung bersamaan
  • Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
  • Save Wokspace : Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehingga dapat dibuka kembali dengan tampilan yang sama
  • Switch Windows : Berganti jendela yang aktif
  • Macros
  • View Macros : Memperlihatkan macro dokumen

Sekian artikel tentang Fungsi Menu Dan Ikon Pada Microsoft Office Excel 2007, semoga bermanfaat

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda